Minggu, 03 Maret 2013


Oleh-oleh Khas Indramayu

ASIN JAMBAL ROTI

Salah satu oleh-oleh yang khas dari indramayu yaitu ikan asin jambal roti, dan merupakan produk asli indramayu, Ikan Asin jambal roti sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, ikan asin jambal roti ini diproses dengan cara alami, profesional, higenis.tanpa bahan pengawet dan zat kimia apapun.

Ada beragam jenis ikan asin, ikan asin jambal roti tergolong super. kami memberikan yang terbaik, warnanya terang dan dagingnya lunak dan tidak kering. Ini menandakan ikan asin jambal roti yang kami tawarkan masih baru. Aromanya khas ikan agak anyir. Jika akan disimpan, sebaiknya pisahkan bagian perut dan dagingnya. Karena bagian perut cepat kering dan busuk. Taruh dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik dan simpan dalam lemari es. Potong-potong saat akan diolah.

Harga : Rp. 95.000 / Kg



KRIPIK TIKE

Kripik tike berasal dari umbinya rumput teki, bukan akarnya. Namun memang umbi rumput teki/tike ini bergerombol (rimpang), kecil-kecil, dan sekilas memang jadi mirip akarnya. Proses pembuatannya mirip dengan proses pembuatan emping melinjo, disangrai dulu, lalu dipukul-pukul sampai pipih dan gepeng, dijemur, kemudian digoreng. Biasanya dikemas dalam plastik, dalam bentuk yang sudah digoreng atau masih berupa bahan setengah jadi. Karena umbinya kecil-kecil,
Rasanya agak getir, samar-samar kesat-agak pahit, namun ada aroma wangi khas teki. Karena masih termasuk jenis umbi-umbian, tentu ada rasa ‘pati’nya di lidah jika kita kunyah. Pahit-pahitnya memang mirip emping melinjo.
Harganya memang agak inferior dibanding melinjo, karena keripik tike ini agak susah dijumpai di toko oleh-oleh dan juga disebabkan supply sedikit (disebabkan sulitnya mendapat bahan baku), terutama di indramayu sendiri. Potensi rasa yang dimiliki oleh keripik tike ini adalah memiliki rasa yang khas, aromanya juga lebih menggoda ketika dikonsumsi.

Harga : Rp. 25.000 / 200gram



TERASI UDANG


Terasi merupakan produk awetan ikan atau rebon yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, penggilingan atau penumbukan dan penjemuran yang berlangsung selama + 20 hari. Ke dalam produk terasi tersebut ditambahkan garam yang berfungsi sebagai bahan pengawet, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga sering ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.

Unsur gizi yang terkandung di dalam terasi cukup lengkap dan cukup tinggi. Di samping itu dalam terasi udang terkandung yodium dalam jumlah tinggi yang berasal dari bahan bakunya.
Adapun bahan baku yang digunakan dalam pembuatan terasi udang adalah berupa rebon atau udang kecil dengan ukuran panjang berkisar antara 1 cm – 2,1 cm (membujur), lebar 0,3 cm dengan warna keputihan.

HARGA
TERASI UDANG INDRASARI
Rp. 18.000 (Isi 3 Besar Spesial)

TERASI UDANG SPESIAL
Rp. 20.000 (isi 5 besar Spesial)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar