Minggu, 03 Maret 2013



Jatibarang beralih ke halaman ini untuk Jatibarang, Indramayu
Kabupaten Indramayu
Locator kabupaten indramayu.png
Peta lokasi Kabupaten Indramayu
Koordinat: 107"51'-108"36' Bujur Timur dan 6"15' - 6"40' Lintang Selatan
ProvinsiJawa Barat
Tanggal7 Oktober 1527
Ibu kotaIndramayu
Pemerintahan
 - BupatiHj. Anna Sophana
 - DAURp. 1.134.695.113.000.-(2013)[1]
Luas2.000,99 km2
Populasi
 - Total1.795.372 jiwa (2007)[2]
 - Kepadatan897,24 jiwa/km2
Demografi
 - Kode area telepon0234
Pembagian administratif
 - Kecamatan31
 - Situs webhttp://www.indramayukab.go.id/
Kabupaten Indramayu, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa BaratIndonesiaIbu kotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, hal ini dikarenakan di Jatibarang terdapat pusat Pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, hal yang sama juga terjadi untuk Kecamatan Haurgeulis meski tak dilewati secara langsung oleh Jalur Pantura, namun Kecamatan ini dilalui oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, serta Kabupaten Subang di barat.
Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527.
Indramayu dilintasi jalur pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah Stasiun Jatibarang yang berada di kotaJatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu.
Beberapa kecamatan-kecamatan penting di Wilayah Kabupaten Indramayu di antaranya adalah IndramayuJatibarangHaurgeulisPatrol,Karangampel, dan Terisi.
Walaupun Indramayu berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu berbahasa Jawa khas Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Jawa yang hampir serupa dengan Dialek Cirebon. Di bagian selatan dan barat daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah kerajaan Cirebon (diutara), sehingga berbashasa Jawa, Kerajaan Galuh dan Sumedang Tandang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar